Budaya dan Kebudayaan – Pengertian, Perbedaan, Manfaat

Budaya dan Kebudayaan

Budaya dan Kebudayaan adalah sesuatu yang erat kaitannya dan saling berhubungan. Budaya dapat diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia serta memiliki hubungan dengan keadaan sosial, ekonomi dan geografis masyarakat.

Sedangkan kebudayaan sendiri adalah segala sesuatu yang menyangkut budaya-budaya yang bernilai luhur dari suatu masyarakat. Kebudayaan memberikan identitas yang unik kepada suatu bangsa. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya untuk mengetahui pengertian dari budaya dan kebudayaan secara luas serta elemen lain di dalamnya.

 

Apa itu Budaya?

Budaya memiliki makna sebagai cara hidup masyarakat yang selalu berkembang serta dimiliki oleh suatu kelompok manusia yang akan terus diturunkan atau diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Budaya mencakup berbagai komponen di dalam struktur masyarakat seperti adat istiadat, bahasa, pakaian, rumah adat, masakan dan lain sebagainya. Budaya memiliki banyak unsur yang rumit, unik dan khas di dalamnya sehingga membedakan satu budaya dengan budaya lainnya.

Budaya adalah sesuatu yang diturunkan secara genetis dari satu generasi ke generasi berikutnya. Budaya juga merupakan sesuatu yang dapat dipelajari, terbukti dengan banyaknya siswa pertukaran budaya, tugas mereka adalah mempelajari budaya dari bangsa lain untuk dibawa ke negara asal mereka.

Budaya sendiri adalah suatu pola hidup yang menyeluruh dan bersifat kompleks. Budaya bisa tersebar ke suatu suku atau bangsa lain karena banyaknya kegiatan sosial manusia yang membutuhkan interaksi sosial. Dari sana terjadilah pertukaran budaya secara tidak disadari.

 

Apa itu Kebudayaan?

Kebudayaan sebenarnya memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dari budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai hasild dari cipta, rasa dan karsa manusia guna melengkapi kebutuhan hidup yang kompleks berupa keyakinan, ilmu pengetahuan, kesusilaan, kesenian, hukum adat dan norma-norma.

Beberapa ahli juga mendefinisikan kebudayaan sebagai hasil dari tingkah laku luhur manusia dari jaman dahulu dan terakumulasi di dalam pola hidup masyarakat hingga mengakar dan menjadi ciri khas dari suatu bangsa. Hal ini mencakup kebudayaan jasmaniah dan juga kebudayaan non-jasmaniah.

Kebudayaan jasmaniah antara lain baju adat, rumah adat, alat musik tradisional dan lain sebagainya. Sedang kebudayaan non jasmaniah mencakup nilai-nilai luhur, norma, kesusilaan serta pola pikir suatu bangsa. Kebudayaan jika dilestarikan akan menjadi nilai lebih dari suatu bangsa itu sendiri.

 

5 Manfaat Budaya dan Kebudayaan

1. Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Budaya yang dimiliki oleh suatu bangsa memiliki banyak sekali manfaat positif, salah satu manfaat tersebut adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali budaya lokal yang mengakar di suku-suku dan daerah masing-masing masyarakatnya.

Perbedaan budaya tersebut meliputi perbedaan bahasa, baju adat, masakan, hingga adat istiadat. Namun hal tersebut tidaklah menjadi sebuah jurang pemisah dari satu suku dengan suku lainnya, hal tersebut malah menjadi salah satu kekuatan bagi rakyat Indonesia untuk semakin bersatu dan belajar menghargai perbedaan.

Meskipun budaya suku-suku di Indonesia berbeda-beda namun budaya Indonesia lah yang menjadi pemersatu. Budaya tersebut meliputi bahasa pemersatu yakni bahasa Indonesia dan juga adat istiadat yang masih saling berhubungan dari satu suku dengan suku lainnya.

2. Sebagai Identitas Bangsa

Salah satu fungsi budaya atau kebudayaan yang berikutnya adalah untuk memberikan suatu identitas bagi sebuah bangsa di mata internasional. Sebuah bangsa yang memiliki kebudayaan yang kuat akan memberikan nilai lebih di mata dunia. Bangsa tersebut akan dianggap bangsa yang menarik dan pada akhirnya membuat banyak orang menjadi tertarik untuk mempelajari budaya tersebut.

Budaya sangat berfungsi untuk memberikan identitas bagi suatu bangsa. Hal itu disebabkan karena budaya selalu bersifat unik dan tidak akan sama dengan budaya dari bangsa lain. Kebudayaan bangsa jika dilestarikan dengan baik akan memberikan banyak dampak positif bagi suatu bangsa.

3. Menguatkan Sikap Nasionalisme Masyarakat

Manfaat kebudayaan yang berikutnya adalah untuk memperkuat atau menumbuhkan sikap nasionalisme masyarakat terhadap bangsanya. Kebudayaan akan memberikan rasa cinta terhadap tanah air yang sangat kuat.

Terlebih jika kebudayaan yang dimiliki sangat menarik dan patut untuk dilestarikan. Masyarakat akan lebih mencintai bangsanya dengan begini dunia akan melihat bahwa bangsa tersebut adalah bangsa yang menarik karena bisa menghargai citra dari bangsanya sendiri.

Perbedaan budaya yang ada di Indonesia juga menciptakan rasa cinta tanah air yang semakin kuat. Jika masyarakat memandang keanekaragaman sebagai suatu kekayaan maka secara otomatis masyarkat akan berusaha menjaga kekayaan budaya itu sebaik mungkin. Rasa nasionalisme dan cinta tanah air akan tumbuh di hati masyarakat dengan sendirinya.

4. Memperkaya Kebudayaan Nasional

Kebudayaan memiliki beberapa jenis, yakni kebudayaan lokal dan kebudayaan nasional. Kebudayaan lokal adalah kebudayaan yang dimiliki oleh suatu suku yang berdiam di daerah tertentu. Sedangkan kebudayaan nasional adalah kebudayaan suatu negara yang berisi kebudayaan-kebudayaan lokal yang mencerminkan kebudayaan yang ada di masyarakat secara keseluruhan.

Semakin banyak kebudayaan lokal yang terpelihara di masyarakat maka semakin kaya pula kebudayaan nasional yang ada pada negara tersebut. Oleh karena itu kebudayaan lokal harus senantiasa dijaga agar kebudayaan nasional semakin kaya dan beranekaragam. Dengan begini dunia akan melihat bangsa tersebut sebagai bangsa yang menarik dan akan menjadikan negara tersebut sebagai teladan yang patut dicontoh.

5. Sebagai Daya Tarik Pariwisata

Manfaat dari kebudayaan yang berikutnya sangat berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi di suatu bangsa. Bangsa yang menghargai dan memelihara budayanya dengan baik akan mendapatkan sorotan dari mata dunia sebagai negara yang menarik dan akan menguatkan daya tarik negara tersebut.

Sektor pariwisata akan menjadi salah satu yang terangkat dengan terpeliharanya kebudayaan di suatu negara. Banyak sekali para wisatawan yang tidak hanya ingin menikmati keindahan alam suatu negara namun juga ingin menikmati budaya dari suatu negara. Melestarikan budaya secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi suatu negara, terutama melalui sektor pariwisata.

Dapat dilihat contoh dari negara-negara yang telah melestarikan budayanya seperti Jepang, Korea dan China. Negara-negara ini mendapatkan perhatian yang baik dari publik dunia sehingga kerap dijadikan destinasi wisata. Dengan begini secara tidak langsung kegiatan ekonomi di negara tersebut akan mendapatkan dampak yang positif.

 

Pentingkah Budaya dan Kebudayaan?

Dapat diambil kesimpulan bahwa budaya dan kebudayaan sangatlah penting untuk dijaga serta dilestarikan oleh suatu negara. Hal ini akan membawa dampak yang baik dalam segala hal, baik dalam kondisi masyarakat maupun kondisi ekonomi yang sama-sama akan mendapatkan dampak positif.

Melestarikan kebudayaan di suatu negara memang bukan hal yang mudah namun jika dilakukan dengan baik akan memberikan hasil yang baik pula bagi negara tersebut.

Demikianlah artikel Budaya dan Kebudayaan – Pengertian, Perbedaan, Manfaat; semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply