8 Cara Menghemat Kuota Internet Untuk Streaming Youtube

Menonton video di Youtube atau kerap disebut sebagai streaming video tentu sangat menyenangkan dan menghibur bagi banyak orang. Namun perlu diingat streaming adalah salah satu aktivitas paling boros kuota yang biasanya membuat lupa diri hingga tidak sadar kuota anda sudah tersedot habis.

Oleh karena itu anda perlu mencoba beberapa tips di bawah ini agar kuota anda tetap hemat walau digunakan untuk menonton video berkali-kali di Youtube.

8 Cara Hemat Kuota Internet Nonton Video di Youtube

Cara Menghemat Kuota Internet

1. Menggunakan Smartphone Android

Langkah pertama untuk menghemat kuota saat menonton video di Youtube adalah dengan menggunakan ponsel Android. Hal ini dikarenakan streaming melalui desktop atau laptop akan memakan kuota internet lebih banyak daripada streaming di ponsel Android anda.

Beberapa penyebabnya antara lain ukuran layar ponsel tidak sebesar desktop, resolusi video di ponsel lebih kecil daripada di desktop dan juga jika menggunakan desktop diperlukan plugin-plugin tambahan yang bisa memberatkan penggunaan kuota.

2. Menonton Video pada Resolusi Non HD

Menonton video di Youtube dalam ukuran HD memang sangat menyenangkan. Video yang tajam, pixel yang rapat dan kualitas video yang sangat baik membuat setiap orang menjadi lebih betah dalam menonton video di Youtube. Apalagi sekarang ini video Youtube sudah memiliki resolusi hingga 4K alias memilki ukuran dan kualitas 4 kali lipat lebih baik daripada video HD biasa beresolusi 1080p.

Jika anda sedang menggunakan kuota unlimited tidak ada salahnya untuk menonton video di kualitas HD 1080p atau bahkan 4K, namun jika memiliki kuota yang terbatas ada baiknya jika menonton video cukup dengan resolusi 360p untuk menghemat kuota. Dengan resolusi 360p atau 480p video sudah dapat dilihat dengan jelas tanpa noise yang banyak.

Menurut laman resmi Youtube, resolusi 144p menghabiskan kuota data sebesar 7 MB, kemudian untuk resolusi 240p akan memakan kuota sebesar 10 MB dan kuota 360p akan menyedot kuota sebesar 15 MB. Untuk video dengan resolusi 480p akan menghabiskan kuota sebesar 25 MB. Video dengan resolusi 720p akan menyedot kuota 45 MB. Dan untuk video full HD 1080p akan menyedot kuota sebesar 74 MB.

3. Menggunakan Opera Max

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghemat kuota saat menonton video di Youtube adalah Opera Max. Opera Max adalah aplikasi yang dikeluarkan secara resmi oleh browser Opera dan memang ditujukan untuk anda yang suka menonton video di Youtube.

Dengan menggunakan Opera Max saat menonton video di Youtube maka akan menghemat kuota anda hingga mencapai 50%. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda untuk menonton video di Youtube selama berjam-jam tanpa perlu takut kehabisan kuota.

Cara menggunakan Opera Max ini sangat mudah, silakan unduh aplikasinya di Play Store atau di website resmi Opera, kemudian instal aplikasi ini. Setelah itu langsung bisa anda buka dan gunakan untuk streaming video Youtube.

Saat anda membuka aplikasi ini akan ada satu fitur penghemat kuota internet. Fitur inilah yang dapat anda manfaatkan untuk menghemat kuota internet saat menonton video di Youtube. Setelah itu silakan untuk streaming video di Youtube sepuasnya karena kuota anda sekarang sudah aman dengan menggunakan Opera Max ini untuk menonton video di Youtube.

4. Jangan Gunakan Full Screen

Menonton video di Youtube dengan menggunakan full screen memang sangat menyenangkan. Anda bisa melihat video favorit dengan sangat jelas dan besar. Menonton video dengan menggunakan full screen memakan kuota lebih banyak daripada menonton video dengan menggunakan ukuran biasa.

Masih sama seperti keterangan sebelumnya, menggunakan full screen dengan kualitas video HD akan memakan kuota yang sangat banyak. Berbanding terbalik jika anda menonton video pada ukuran biasa dengan resolusi hanya 360p. Kuota akan menjadi lebih hemat dengan cara ini walaupun akan mengorbankan sedikit kepuasan.

5. Memasang Pemblokir Iklan

Memblokir iklan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat kuota internet saat membuka Youtube. Iklan yang ada pada Youtube menjadi salah satu faktor yang mengkonsumsi paket data cukup banyak apalagi jika muncul iklan yang tidak ada tombol skip di dalamnya.

Anda dapat memasang Ad Block untuk menghapus iklan-iklan yang muncul saat menonton video di Youtube. Aktifkan fitur pemblokir iklan ini di smartphone Android anda. Anda dapat menginstal aplikasi dari pihak ketiga sebagai pemblokir iklannya. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda pilih dan semuanya bisa anda unduh dari Play Store secara gratis. Aplikasi ini dapat digunakan di ponsel bersistem operasi Android maupun iOS.

6. Menggunakan Fitur Playlist

Jika anda menyukai beberapa lagu dan sering memutarnya maka secara otomatis Youtube akan membuat video-video tersebut menjadi playlist untuk anda dan akan disarankan untuk anda putar. Anda bisa menggunakan playlist racikan Youtube ini atau anda bisa membuat playlist anda sendiri sesuai selera anda.

Dengan menggunakan fitur playlist maka anda bisa menghemat kuota anda dalam menonton video di Youtube karena dengan fitur ini dapat diasumsikan bahwa anda akan menghemat kuota dengan tidak perlu mencari video yang akan anda tonton berikutnya.

7. Menggunakan Fitur Pembatas Kuota di Youtube

Youtube menyediakan satu fitur yang dapat anda manfaatkan untuk menghemat kuota anda. Fitur ini secara otomatis akan menghindarkan anda dari menonton video HD saat anda menggunakan kuota data internet reguler. Dan anda bisa menonton video dalam format HD jika terhubung via wifi sehingga kuota anda akan tetap aman dan hemat.

Tentukan juga kualitas default video anda supaya kuota anda menjadi lebih hemat, tentukan defaultnya di 360p.

8. Menggunakan Aplikasi UC Browser

UC Browser pernah mengungkapkan sebuah pernyataan bahwa aplikasi browser mereka dapat digunakan untuk menonton video di Youtube dan menghemat kuota sebesar 50% lebih hemat dari browser lain. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang memang gemar melakukan aktivitas streaming video di Youtube.

Salah satu cara termudahnya adalah dengan mengunduh video dari Youtube ke ponsel anda. Setelah itu anda bisa menontonnya secara offline langsung dari ponsel. Cara ini sebenarnya juga cukup boros kuota namun jika dipergunakan dengan bijak cara ini dapat menghemat kuota dengan sangat efektif. Terlebih jika video yang kerap diputar adalah video klip sebuah lagu, tentu akan sangat membantu jika video favorit anda bisa diunduh langsung ke gadget.

Caranya adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan atau addons pada UC Browser yang bernama Video Downloader. Addons ini bisa ditemukan di galeri addons UC Browser anda. Fitur ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi anda para pecinta video Youtube.

 

Demikianlah 8 Cara Menghemat Kuota Internet Untuk Streaming Youtube. Cara ini akan sangat berguna bagi anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar.

Semoga bermanfaat!

loading...

One Response

  1. Muha

Leave a Reply