5 Cara Menyelesaikan PR Tepat Waktu Dengan Mudah

Jika berbicara tentang pekerjaan rumah (PR) hayooo, siapa dari kalian yang jarang bikin PR? Hahhahaha udah ketebak, pasti kamu adalah salah satunya iya kan. Hehehhe.

Mengerjakan PR adalah salah satu tugas yang diberikan guru kepada kamu, agar melatih kamu menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang kamu emban.

Cara Menyelesaikan PR Tepat Waktu

Jika kamu tidak mengerjakan PR maka kamu akan diberi hukuman oleh gurumu. Seperti, berdiri didepan kelas, mengerjakan PR didepan ruangan kelas dan jika berterusan akan dipanggil orangtua.

Jadi mulai sekarang, kalian harus rajin membuat PR yang diberikan guru agar tidak mendapatkan hukuman.

Sebenarnya PR diberikan kepada murid-murid bertujuan agar kamu dapat meluangkan waktumu untuk belajar di rumah. Biasanya kamu tentu cenderung lebih suka bermain ketimbang membuat PR.

Mengerjakan PR sebaiknya pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk mengerjakan PR tersebut adalah :

1. Membuat jadwal belajar di rumah

Kamu harus bisa membuatkan jadwal di rumah untuk mengerjakan PR. Dengan adanya jadwal tersebut anda dapat meluangkan waktu untuk mengerjakan PR.

Secara tidak langsung hal tersebut dapat melatih dan menjadikan diri kita sebagai orang yang disiplin.

2. Mengatur waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk mengerjakan PR adalah pada saat siang hari. Sepulang sekolah setelah istirahat dan makan, barulah mengerjakan PR.

Kenapa harus di siang hari? karena di siang hari adalah kesempatan atau waktu yang paling banyak digunakan untuk bermain. Jadi untuk menghindari hal tersebut, lebih baik meluangkan waktu untuk mengerjakan PR sampai selesai. Setelah itu baru istirahat, tidur kemudian bisa bermain di sore hari.

Selain mengerjakan PR di siang hari, kamu yang sekolahnya masuk siang bisa mengerjakan PR pada malam hari. Karena, mengerjakan PR malam hari juga termasuk waktu yang baik. Jam yang tepat untuk mengerjakan PR ketika malam hari adalah dikerjakankan pukul 19:00 sampai 21:00.

3. Memilih tempat yang nyaman

Tempat adalah hal yang paling penting untuk mengerjakan PR.

Anda harus bisa memilih tempat yang nyaman jauh dari suara televisi, radio, Hp ataupun hal yang dapat mengganggu. Karena dengan tempat yang nyaman tingkat konsentrasi pikiran anda akan lebih meningkat.

4. Menyiapkan alat yang akan digunakan

Sebelum mengerjakan PR, anda haruslah terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Seperti buku tulis, buku panduan, pensil, penghapus ataupun penggaris. Setelah siap barulah kerjakan PR.

5. Memeriksa kembali PR yang telah dikerjakan

Setelah mengerjakan PR, PR tersebut jangan langsung ditutup dan disimpan. Tetapi periksalah kembali PR yang telah dikerjakan.

Lihat apakah memang sudah benar-benar selesai atau belum? dan apakah jawabannya sudah benar atau belum? semua itu harus di perhatikan agar mendapat hasil yang memuaskan.

Guru berkewajiban untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa, agar siswa dapat mengerti, mengetahui, memahami dan mendapat bekal untuk pembelajaran ditingkat selanjutnya.

Setelah proses belajar mengajar selesai guru memberikan kesimpulan.  Terkadang guru juga memberikan sebuah PR untuk dikerjakan.

Untuk mengerjakan PR tersebut membutuhkan situasi dan kondisi yang memngkinkan. Dimana harus memilih waktu, tempat yang tepat untuk mengerjakan PR.

Waktu yang tepat adalah pertama, membuat jadwal belajar di rumah, dengan adanya jadwal belajar dirumah akan membuat dan melatih kita menjadi orang yang disiplin.

Kedua, mengatur waktu yang tepat, waktu yang tepat mengerjakan PR adalah pada siang hari dan malam hari.

Ketiga, memilih tempat yang nyaman, dengan adanya tempat yang nyaman maka tingkat konsentrasi untuk berpikir lebih meningkat.

Keempat, menyiapkan peralatan yang akan digunakan, Sebelum mengerjakan PR, siapkan peralatan yang akan digunakan.

Dan kelima, memeriksa kembali PR yang dikerjakan. Sebelum istirahat PR harus diperiksa kembali. Apakah jawaban dari soal tersebut sudah terjawab benar atau belum. Tujuannya agar kita menjadi orang yang lebih teliti lagi ya!

loading...

Leave a Reply