Koperasi – Logo, Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis

Lambang Koperasi BaruPernahkah kamu mendengar kata koperasi? Apakah di sekolah kamu ada warung koperasi? Apakah kamu pernah belanja di warung koperasi tersebut. Lalu apa koperasi itu?

Inilah fakta tentang koperasi. Negara kita memiliki koperasi Indonesia yang didirikan pada tanggal 12 Juli 1962 oleh Drs. Moh. Hatta. Beliau adalah seorang ahli ekonomi dan pada saat itu beliau menjabat sebagai wakil presiden.

Menurut Drs. Moh. Hatta, rakyat Indonesia harus disejahterakan terutama dalam hal ekonomi. Semenjak ditetapkannya Hari Koperasi pada tanggal 12 Juli 1960 tersebut, Drs. Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia.

Koperasi adalah usaha yang dibuat oleh sekelompok orang yang bersatu untuk mewujudkan kemakmuran bersama.

5 Tujuan dan Manfaat Koperasi di Indonesia

  1. Meningkatkan kesejahteraan anggota
  2. Menyediakan kebutuhan anggota
  3. Mempermudah anggota Koperasi untuk memperoleh modal usaha
  4. Mengembangkan usaha para anggota koperasi
  5. Menghindarkan anggota koperasi dari praktek rentenir atau lintah darat.

Macam-Macam Koperasi di Indonesia

Koperasi berdasarkan jenis usahanya dibedakan menjadi tiga jenis

a. Koperasi konsumsi

Koperasi konsumsi adalah koperasi yang menyediakan bahan bahan pokok seperti beras, kopi, teh, gandum dan lain sebagainya.

b. Koperasi kredit

Koperasi Kredit adalah koperasi simpan pinjam. Maksudnya, modal yang terkumpul boleh dipinjam oleh anggota untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

c. Koperasi produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang menyediakan bahan baku seperti, bibit Pupuk untuk para petani dan hasil dari petani tersebut dapat dijual ke koperasi.

 Koperasi berdasarkan keanggotaan

a. Koperasi pertanian

Koperasi ini beranggotakan para petani dengan melakukan kegiatan berupa penyuluhan pertanian pengadaan bibit unggul.

b. Koperasi pensiun

Koperasi ini beranggotakan para pensiun yang bertujuan untuk menyediakan kebutuhan para pensiun.

c. Koperasi Pegawai Negeri

Koperasi ini beranggotakan pegawai negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri

d. Koperasi sekolah

Koperasi ini beranggotakan warga suatu sekolah. Koperasi ini menyediakan alat alat tulis seperti buku pena pensil dan lain sebagainya

e. Koperasi Unit Desa

Koperasi ini beranggotakan masyarakat desa yang bertujuan untuk menyalurkan sarana produksi pertanian memberikan penyuluhan teknis kepada para petani.

***

Jadi, koperasi adalah usaha yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk mewujudkan kemakmuran bersama.

Tujuan dan manfaat dari koperasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, menyediakan kebutuhan, mempermudah anggota koperasi memperoleh modal usaha, mengembangkan usaha para anggota, koperasi dan menghindarkan anggota koperasi dari praktek rentenir.

Koperasi juga dapat dibagi macam yaitu yang pertama berdasarkan jenis usahanya adalah koperasi konsumsi, koperasi kredit dan koperasi produksi.

Sedangkan yang kedua, berdasarkan keanggotaan adalah koperasi pertanian, koperasi pensiunan, Koperasi Pegawai Negeri koperasi sekolah dan Koperasi Unit Desa.

loading...

Leave a Reply