Pengertian dan Contoh Gejala Alam di Indonesia

Pengertian gejala alam adalah sebuah bencana atau peristiwa yang terjadi secara alami dan disebabkan oleh perubahan yang berada di Bumi.

Banyak gejala alam yang terjadi di sekitar kita. Kita tentunya pernah membaca atau melihat berita mengenai banjir, gunung meletus, ataupun gempa bumi. Kita tidak pernah tahu kapan akan mengalami kejadian yang tersulit dalam hidup.

Apakah di daerah kalian pernah mengalami banjir atau terjadi gunung meletus atau bahkan gejala lainya? Tahukah anda mengapa gejala alam bisa terjadi?

Kemudian bagaimana kita bisa mencegahnya? berikut penjelasannya.

4 Contoh Gejala Alam Yang Sering Terjadi di Indonesia

Gejala Alam

via Wikipedia

  1. Gempa bumi

Gempa bumi bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui, ini merupakan salah satu kejadian alam.

Gempa bumi disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang dinamakan gempa vulkanik dan juga bisa disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi yaitu gempa tektonik. Gempa bumi sangat merugikan masyarakat karena dapat menyebabkan berbagai kerusakan.

  1. Gunung meletus

Gunung meletus sangat berbahaya sekali bagi kita, Ketika meletus gunung akan mengeluarkan cairan panas dari perut bumi yang disebut dengan lava.

Kemudian dapat mengeluarkan batu-batu besar dan kerikil. Kerikil tersebut disebut dengan lapi. Bahkan abu halus dari gunung meletus tersebut berterbangan dan dapat memusnahkan makhluk hidup yang dilewatinya.

  1. Banjir

Banyak sekali daerah-daerah yang terkena banjir. Bahkan ibukota pun sangat rawan dengan banjir. Banjir dapat mengganggu daerah-daerah yang dilaluinya. Penyebab terjadinya banjir apabila hujan secara terus menerus, kebiasaan membuang sampah sembarangan, sehingga dapat menyumbat aliran air dan sedikitnya lahan hutan.

Akibat dari banjir adalah tempat tinggal dan harta benda menjadi rusak. Masyarakat terpaksa mengungsi bahkan pindah rumah, dan timbul berbagai penyakit.

  1. Kekurangan air bersih

Di Indonesia masih banyak sekali yang kekurangan air bersih, ini sangat mengancam kehidupan masyarakat.

Jika persediaan air bersih semakin berkurang, aktivitaspun akan terhambat seperti memasak, minum, mencuci, dan mandi itu akan terasa sangat sulit. Kekurangan air bersih sangat berpengaruh bagi kehidupan kita yaitu banyak orang yang terserang penyakit.

***

Dari uraian diatas gejala alam merupakan kejadian yang sewaktu-waktu akan datang dan kita tidak pernah tahu kapan gejala alam tersebut akan menimpa kehidupan kita.

Gempa bumi dan gunung meletus tidak bisa kita cegah. Lain halnya dengan banjir dan kekurangan air bersih. Kekurangan air bersih dan banjir dapat dicegah dengan cara tidak melakukan penebangan hutan, tidak membuang sampah sembarangan, dan ladang berpindah.

Jika penebangan hutan terjadi, maka dapat mengakibatkan tanah longsor.  Banjir dan kekeringan air, umumnya terjadi karena ulah dan tingkah laku manusia.

Untuk itu kita harus memperbaiki sikap dan perbuatan kita agar tidak terjadi kerusakan alam. Sayangi dan rawatlah bumi kita.

loading...

Leave a Reply