5 Langkah-Langkah Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar

Puisi merupakan suatu karya sastra yang menggunakan kata-kata yang singkat, dan dalam setiap kata-kata tersebut memiliki makna tersendiri.

Membuat puisi dapat dilakukan dengan merasakan perasaan yang sedang kamu rasakan. Seperti sedang bahagia, sedih, kagum dan takjub terhadap sesuatu. Dalam pembuatan puisi kamu harus terlebih dahulu melakukan langkah-langkah.

Langkah-Langkah dan Teknik Membuat Puisi Yang Bagus

Cara Membuat Puisi

via www.shewrites.com

  1. Menentukan tema

Tema adalah suatu gagasan yang kamu tuangkan dalam sebuah bentuk puisi. Misalkan puisi bertemakan tentang lingkungan masyarakat, keindahan alam, kasih sayang dan sebagainya.

  1. Suasana Puisi

Suasana puisi maksudnya suatu gambaran tentang perasaan seseorang dalam membuat puisi. Jika sedang bahagia bahasa yang digunakan harulah romantis, lembut, dan indah.

Begitu juga sebaliknya jika suasana yang dirasakan sedang sedih, bimbang, penggunaan bahasa dalam membuat puisi menggunakan bahasa yang sinis dan keras.

  1. Mendaftar kata-kata yang sesuai

Dalam puisi haruslah mendaftar atau menggunakan kata-kata yang diwarnai dengan ungkapan yang bermakna. Misalnya Ibu, luasnya semesta tak seluas rasaku padamu.

  1. Memilih diksi

Diksi adalah pemilihan kata. Kata-kata dalam setiap puisi haruslah cenderung menggunakan kata-kata yang memberikan nilai rasa tertentu.

  1. Menulis Puisi

Setelah keempat langkah diatas telah dilakukan, maka kamu sudah bisa membuat sebuah puisi. Yang dimulai dari inspirasi yang telah kamu dapat.

***

Membaca puisi juga harus dengan penuh penjiwaan, pelafalan harus benar, intonasi, suara, ekspresi melalui bahasa tubuh ataupun gerakan tubuh harus digunakan. Agar pesan yang disampaikan dalam setiap katanya dapat tersampaikan dengan ideal. Pendengar atau orang yang menyimakpun akan menikmati puisi yang dibacakan.

Dengan demikian, puisi adalah suatu ungkapan yang dirasakan dalam hati dan dituangkan dalam sebuah tulisan. Penulisan puisi haruslah menggunakan kata-kata yang sesuai.

Jika sedang bahagia, gunakanlah kata-kata dan bahasa yang menggambarkan tentang kebagiaan. Dalam penulisan puisi haruslah menggunakan langkah-langkah yang telah tertera diatas.

Pembacaannya pun harus menggunakan intonasi, ekspresi dan pelafalan yang baik dan benar. Agar pendengar dapat menikmati dan memahami tujuan dari puisi tersebut.

loading...

Leave a Reply