Manajemen Waktu – Pengertian, Cara, Manfaat, Fungsi

Manajemen Waktu

via thesocialmediamonthly.com

Mayoritas orang sering mengabaikan waktu, kenapa sih? Padahal waktu itu sangat berharga loh. Karena penting banget untuk menjadikan hidup kita lebih baik.

Jika kamu mampu mengelola waktu dengan baik akan berdampak baik pula untuk hidupmu. Sebaliknya, jika kamu tidak mampu mengelola waktu dengan benar akan memberikan dampak yang buruk.

Untuk lebih jelasnya, ketahui yuk seluk beluk pengelolaan waktu.

Pengertian manajemenwaktu adalah suatu pengawasan, pengorganisasian, penggerakan, dan perencanaan atas produktivitas watu yang dilakukan seseorang. Alasannya adalah karena waktu merupakan sumber daya yang terbatas, oleh karena itu harus dikelola secara efisien dan efektif.

Tujuan manajemen waktu adalah untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

 

13 Cara Manajemen Waktu Yang Baik

Banyak ahli yang berpendapat bahwa kunci kesukesan adalah dengan mengetahui cara manajemen waktu yang baik. Melalui pengelolaan tersebutlah maka Anda akan bisa melakukan lebih banyak kegiatan dan lebih banyak hasil dalam waktu yang singkat

Waktu merupakan prioritas utama dalam mengelola hidup. Karena ketika kamu bisa membagi waktu, maka kamu akan menciptakan perubahan dalam hidupmu. Waktu sangat berharga, bukan? Jadi gunakanlah waktumu dengan sebaik mungkin, dengan melakukan hal-hal yang positif agar menghasilkan sesuatu yang berguna.

Bicara tentang mambagi waktu, kamu harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara dapat membagi waktu agar lebih produktif. Nah, begini loh caranya membagi waktu agar lebih produktif;

1. Membuat Daftar Agenda

Hal pertama yaitu membuat daftar agenda, yang berisikan tentang poin-poin penting mengenai tugas yang harus kamu lakukan dan selesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.

2. Mengatur Prioritas utama

Agar waktu yang kamu gunakan produktif, kamu harus bisa mengatur apa yang menjadi Prioritas utama mu dibandingkan dengan kepentingan pribadimu. Misalnya, lebih baik mengerjakan tugas atau PR sekolah dibandingkan menonton film kesukaanmu.

3. Belajar mengenali waktu produktifmu

Dalam keseharianmu, kamu akan mengenali dimana waktu produktifmu yang tepat. Jika kamu telah mengenali waktumu, kerjakanlah tugas-tugas tersulitmu. Karena di waktu produktif tersebut akan lebih mudah mengembangkan pola pikir.

4. Jangan menunda-nunda waktu

Waktu sangat berharga dalam hidup, jadi jangan ditunda-tunda. Tugas yang seharusnya kamu lakukan, lakukanlah. Jangan biarkan waktumu terbuang dengan sia-sia.

5. Fokus terhadap apa yang menjadi prioritas dan daftar agendamu

Jika waktu telah terbagi dengan baik, fokuslah terhadap apa yang telah menjadi prioritas utama dan daftar agenda yang telah kamu buat. Lakukanlah sebaik mungkin step by step.

6. Abaikan gangguan yang ada disekitarmu

Agar semua tugas-tugas yang telah kamu rincikan berjalan dengan efisien, jauhi dan abaikan gangguan-gangguan yang ada disekitarmu. Misalkan, hari ini waktumu untuk mencari bahan referensi tugas sekolahmu dan temanmu mengajak hang-out. Abaikan dan katakan tidak untuk itu.

Maka dari itu, bagilah waktumu. Membagi waktu bukan dengan mengerjakan tugas dengan sebanyak mungkin dalam sehari agar cepat selesai.

Berikut tips tambahan agar manajemen waktu kamu lebih baik:

  1. Jangan takut untuk menolak ajakan orang lain
  2. Kenali kapan kamu dapat bekerja dengan produktif
  3. Buatlah perencaan atas tugas-tugasmu
  4. Buatlah daftar kegiatan yang harus dilakukan dan diselesaikan
  5. Hindari hal-hal yang bisa membuat kamu tidak fokus dalam bekerja
  6. Bagi tugas mu menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah untuk dikerjakan
  7. Buatlah jadwal, dan jangan lah menunda-nunda kegiatan, bila sudah jadwalnya, maka kerjakan saat itu juga.

 

4 Fungsi dan Manfaat Manajemen Waktu Bagi Kehidupan Sehari-Hari

1. Tugas tertata rapi

Mengelola waktu dengan baik akan membuat tugasmu tertata dengan rapi. Karena melakukannya dengan step by step tanpa tergesa-gesa, sehingga menghasilkan sesuatu yang sempurna.

2. Mempercepat semua urusan

Dengan pengelolaan waktu yang baik, tugas ataupun masalah yang kamu hadapi akan cepat selesai. Karena tidak menunda-nunda waktu yang telah ditetapkan.

3. Melatih disiplin diri

Pengaturan waktu yang kamu buat akan menjadikan hal tersebut sebagai patokan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Hal tersebut akan melatih kamu menjadi orang yang disiplin.

4. Menjadikan kamu orang yang bertanggung jawab

Selain itu, dampak pengelolaan waktu yang baik akan menjadikan kamu sebagai orang yang bertanggung jawab. Karena melakukan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.

Selain itu, ada pula dampak buruk tidak mengelola waktu dengan benar. Adapun dampaknya:

 

3 Dampak Manajemen Waktu Yang Buruk

  • Penumpukan tugas

Penumpukan tugas akibat salah satu dari tidak mengelola waktu dengan benar. Ketika waktu sudah dekat barulah dikerjakan. Tugas itu tidak bisa dikerjakan dengan efektif.

  • Hasilnya tidak memuaskan

Pengelolaan waktu yang tidak benar akan memnghasilkan sesuatu yang tidak memuaskan. Karena tidak menempatkan tugas dalam posisi yang tepat.

  • Menjadikan diri malas

Selain itu, dampak buruknya adalah menjadikan diri pemalas. Malas tidak akan bisa merubah hidup menjadi lebih baik.

***

Sekarang sudah tahu bukan, dampak baik buruknya pengelolaan waktu.

Maka dari itu, sangatlah penting sekali untuk kamu mengelola waktu dengan baik dan benar. Dengan mengelola waktu dengan baik, kamu akan mengetahui seberapa sibuknya dirimu dalam satu hari dan merasakan betapa pentingya pengelolaan waktu.

loading...

Leave a Reply