Sartono, Pencipta Lagu Hymne Guru Original Meninggal Dunia

Pencipta Lagu Hymne Guru

via tempo.co

Lagi-lagi Indonesia berduka, kita telah kehilangan salah satu orang yang berjasa dalam dunia pendidikan.

Humm, Siapakah dia? Beliau ini merupakan guru kesenian di salah satu SMP di kota Madiun. Dia juga adalah seorang pencipta lagu Hymne Guru.

Nah, sudah tau bukan siapa pencipta lagu tersebut? Ia adalah Sartono.

Sartono telah berpulang kerahmatullah pada hari ini (1/11/2015), tepatnya siang tadi di usianya ke 79 tahun. Ia meninggal dikarenakan sakit yang telah dideritanya beberapa tahun terakhir

Penyakit yang dideritanya merupakan penyakit komplikasi yaitu stroke, darah tinggi, dan diabetes.

Jenazahnya dibawa ke rumah duka di Jalan Halmahera, Oro-oro Ombo kota Madiun. Di rumah duka sudah banyak keluarga, kerabat dan masyarakat yang menanti kedatangannya. Mereka turut untuk mendoakan beliau.

Puncaknya pada tanggal 20 Oktober 2015 lalu, ia dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Madiun Jawa Timur akibat jatuh dari tempat tidurnya. Ia dimasukkan di ruang perawatan Mawar, namun tidak lama kemudian dipindahkan ke ruang Paviliun Cendana 10.

Melihat kondisinya yang terus semakin menurun ia pun dimasukkan ke ruang ICU pada tanggal 30 Oktober 2015 lalu. Selama di rawat di RSUD tersebut, banyak kerabat yang berkunjung silih berganti untuk melihat kondisi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa tersebut.

Beliau ini merupakan salah satu orang yang paling berjasa, ia mempunyai kemampuan dalam dunia seni. Ia menyalurkan kecintaannya terhadap seni tersebut untuk menjadi seorang guru seni musik di SMP Khatolik Santo Bernardus Madiun.

Beliau selalu mengajarkan dan membimbing siswa-siswi tentang dunia musik.

Suatu ketika Sartono membuat sebuah lagu berjudul Hymne Guru, dalam pembuatan lagu tersebut di ganti empat kali sehingga syair terakhirnya diganti menjadi tanpa tanda jasa. Alasannya karena guru merupakan seorang pahlawan.

Siapa yang tidak tahu dengan lagu ini. Lagu ini sering kita nyanyikan pada saat upacara pengibaran bendera, terutama pada saat hari guru tanggal 25 November 2015 dan dalam acara pendidikan lainnya.

Berkat usaha dan pengabdiannya dalam dunia pendidikan. Sartono mendapatkan sebuah penghargaan dari Mendikbud Yahya A. Muhaimin dan penghargaan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodiharjo.

Sungguh luar biasa, lagu yang dibuat oleh beliau, mengingatkan kita betapa mulianya seorang guru.

Mendidik dan mengajarkan kita tanpa balasan apapun, melakukannya dengan penuh rasa kasih sayang dan jiwa kemanusiaan. Hingga akhirnya kita memperoleh ilmu pengetahuan dan menjadi orang yang berguna bagi bangsa Indonesia.

loading...

Leave a Reply