Pengertian Bisnis Plan – Jenis, Manfaat, Pentingnya

Business Plan atau Bisnis Plan atau Rencana Bisnis adalah tahap awal dari pembangunan sebuah bisnis yang disusun oleh seorang wirausaha yang ingin membuat bisnisnya. Bisnis plan ini sangat penting karena memuat semua arah dan tujuan dari bisnis ini.

Semua ide bisnis dari si wirausaha akan dituliskan di dalam bisnis plan ini dan akhirnya akan memudahkan si wirausaha dalam mencari dana dari investor, mencari pemasok bahan baku dan lain sebagainya. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya untuk memahami arti dari bisnis plan ini sendiri beserta dengan komponen-komponen penting di dalamnya.

 

Apa itu Bisnis Plan?

Bisnis plan dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang memuat dan menyatakan suatu keyakinan terhadap rencana untuk membangun sebuah bisnis yang menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan finansial yang baik bagi para pemilik dana atau investor.

Dengan kata lain bisnis plan adalah sebuah dokumen yang berisi informasi lengkap mengenai rencana sebuah bisnis dan diharapkan dapat menarik perhatian dari para investor untuk mendanai rencana bisnis tersebut.

Bisnis plan harus disiapkan sebelum sebuah bisnis dibangun. Hal ini bertujuan agar arah dari bisnis tersebut jelas dan dapat mengetahui apakah rencana bisnis tersebut sesuai dengan keinginan dari investor atau tidak.

Sebuah bisnis plan harus ditulis secara lengkap dan jelas agar dapat menarik perhatian dari investor, konsumen, pemasok barang dan semua orang yang perlu mempelajari bisnis plan ini. Tanpa adanya bisnis plan yang baik mustahil sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar karena arah dari bisnis tersebut tidak jelas.

 

Pentingkah Bisnis Plan?

Bisnis plan sangatlah penting guna menunjang kegiatan bisnis menjadi lebih baik dan lebih terarah. 5 alasan di bawah ini akan menjelaskan mengapa sebuah bisnis plan sangatlah penting bagi perkembangan suatu usaha. Berikut ini 5 alasan mengapa bisnis plan sangat penting bagi perkembangan usaha yang tengah dirintis:

  1. Bisnis plan adalah sebuah cetak biru atau blueprint dari usaha yang sedang digeluti. Bisnis plan inilah yang nantinya akan dijadikan acuan dalam menjalankan sebuah usaha. Bisnis plan ini haruslan dipatuhi dan dipahami oleh semua komponen yang menyusun sebuah bisnis atau usaha. Bisnis plan akan membantu orang-orang yang terlibat di dalam sebuah bisnis untuk tetap fokus dan kreatif dengan usaha yang tengah digeluti.
  2. Bisnis plan adalah salah satu alat, sarana dan juga cara untuk mencari dana untuk percepatan dan pengembangan suatu bisnis. Tanpa adanya dana yang memadai mustahil sebuah bisnis akan berkembang dengan pesat.
  3. Bisnis plan adalah salah satu sarana komunikasi terbaik dengan orang-orang yang akan sangat dibutuhkan dalam pembangunan suatu bisnis. Orang-orang tersebut antara lain pemasok bahan baku, karyawan, investor dan lain sebagainya. Bisnis plan akan membantu banyak orang dalam memahami secara mendalam bisnis yang akan dibangun.
  4. Bisnis plan akan mempermudah jalannya usaha yang tengah dibangun. Pemilik bisnis bisa mengambil berbagai langkah dalam menjalani persaingan bisnis, meluncurkan promosi dan lain sebagainya.
  5. Bisnis plan akan mengarahkan bisnis yang dibangun menjadi lebih terarah. Bisnis plan pulalah yang dapat dijadikan acuan sebuah bisnis berjalan sesuai dengan rencana atau tidak.

 

Jenis Bisnis Plan

Bisnis plan memiliki beberapa tipe yang bisa dicontoh dalam penyusunannya. Tipe bisnis plan antara lain mini plan, presentation plan, working plan dan juga what if plan. Berikut ini penjelasannya:

1. Mini Plan

Sesuai dengan sebutannya, mini plan adalah sebuah bisnis plan yang bersifat sederhana. Mini plan sendiri adalah sebuah ringkasan dari bisnis plan yang telah dibuat sehingga tidak akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin memahami bisnis plan tersebut.

Mini plan ini sangat cocok untuk rencana bisnis yang tidak terlalu besar skalanya. Karena jika mini plan terlalu panjang maka tidak bisa disebut sebagai mini plan lagi dan lebih baik membiarkan bisnis plan tetap ditulis secara panjang lebar agar tidak menghilangkan maksud dan tujuan asli dari bisnis plan tersebut.

2. Presentation Plan

Presentation plan ini disusun dengan tujuan untuk melakukan presentasi di depan para calon investor atau orang-orang yang berkepentingan lainnya. Perbedaan utama antara presentation plan dan bisnis plan adalah pada isi dan tujuannya. Isi dari bisnis plan biasanya adalah tulisan-tulisan yang menjelaskan segala detil dari sebuah bisnis.

Sedangkan presentation plan biasanya berisi gambar, grafik, statistik maupun video yang menggambarkan inti dari bisnis plan tersebut. Presentation haruslah memiliki tampilan yang menarik agar para calon investor dan orang-orang yang berkepentingan lainnya dapat tertarik dengan bisnis plan yang dibuat.

3. Working Plan

Working plan adalah sebuah dokumen yang memuat secara rinci bagaimana sebuah bisnis akan berjalan. Di dalam working plan perlu ditulis segala detil kecil dari bisnis yang akan dijalankan mulai dari langkah bisnis dimulai, cara produksi barang atau jasa, metode promosi, metode marketing, cara merekrut SDM, hingga gaji para karyawan.

Working plan ini sifatnya pribadi sehingga tidak perlu memuat hal-hal seperti modal usaha dan juga keuntungan-keuntungan dari bisnis. Working plan lebih berfokus pada bagaimana sebuah perusahaan akan berjalan.

4. What If Plan

What If Plan adalah sebuah bisnis plan yang ditulis dan ditujukan untuk para investor. What If Plan berisi tentang bagaimana masa depan suatu bisnis.

Di dalam what if plan pula ditulis berbagai skenario masa depan bisnis tersebut. Baik skenario baik maupun skenario buruk. Semua harus dituliskan agar para investor tidak ragu dalam menggelontorkan dana bagi kemajuan bisnis yang sedang dibangun.

 

Manfaat Bisnis Plan

Manfaat bisnis plan sangat banyak, terutama bagi kemajuan suatu usaha yang tengah dirintis. Dengan menyusun sebuah bisnis plan maka wirausahawan akan lebih mudah dalam mendapatkan sokongan dana dari para investor. Sebelum para investor mau memberikan dana bagi para wirausaha, pastilah mereka akan mempelajari bisnis plan yang telah dibuat oleh para wirausahawan.

Jika bisnis plan ditulis dengan sangat baik maka besar kemungkinannya bagi para investor untuk memberikan dana. Jika bisnis plan dianggap kurang baik dan tidak meyakinkan maka kemungkinan besar para investor tidak akan menurunkan dana mereka.

Selain sebagai alat untuk mencari dana, bisnis plan juga merupakan sarana untuk mengawasi perkembangan dari bisnis yang tengah dijalankan. Tanpa adanya bisnis plan mustahil arah dari bisnis yang dijalankan dapat lurus ke depan.

Bisnis plan pulalah yang akan dijadikan acuan dan pedoman dari pemilik usaha untuk mengambil keputusan besar yang tengah dihadapi. Bisnis plan ini sangatlah penting dan bermanfaat, jadi bagi para pengusaha wajib untuk memiliki bisnis plan dalam setiap usaha yang akan dijalankan.

 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Bisnis Plan – Jenis, Manfaat, Pentingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

loading...

Leave a Reply