Pengertian Ideologi Komunisme – Definisi, Sejarah, Tokoh

Ideologi Komunisme

Di dunia ini terdapat bermacam-macam ideologi yang berbeda, unik dan memiliki tujuan tersendiri. Di antara banyak ideologi yang berkembang di dunia saat ini ada salah satu ideologi yang berkembang sudah cukup lama dan masih dijadikan landasan dari suatu negara, ideologi ini adalah ideologi komunis. Ideologi komunis lahir di tangan Karl Marx dan Friedrich Engels.

Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya untuk mengetahui apa itu ideologi komunisme dan juga komponen-komponen penting di dalamnya.

 

Apa itu Ideologi?

Ideologi dapat diartikan sebagai ide atau gagasan yang berisi tentang cara pandang terhadap sesuatu baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hal filosofis seperti politik, tata negara atau panutan yang dikemukakan oleh seseorang atau kelas yang memiliki otoritas kepada anggota masyarakat biasa.

Tujuan dari ideologi adalah untuk memberikan perubahan kepada masyarakat melalui sebuah pemikiran yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Ideologi adalah buah pemikiran yang diterapkan kepada masyarakat untuk nantinya dijadikan sebagai inti dari sistem politik suatu negara.

 

Apa itu Komunisme?

Ideologi komunisme adalah ideologi yang berlandaskan sistem komunis yang dicetuskan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels seperti yang tercantum dalam Manifest der Kommunistischen. Manifest der Kommunistischen sendiri diterbitkan pada 21 Februari tahun 1848 dan berisi mengenai teori pendekatan terhadap perjuangan kelas serta pola ekonomi masyarakat yang nantinya akan menjadi salah satu gerakan politik yang paling berpengaruh di dunia.

Awal kelahiran komunis sebenarnya adalah sebuah tandingan atau perlawanan terhadap sistem ideologi kapitalis yang berkembang di abad 19. Ideologi komunisme melawan ideologi kapitalis yang menganggap bahwa kaum buruh dan petani hanya sebagai bagian dari faktor produksi dan tidak diunggulkan dalam kesejahteraan masyarakat.

Setelah itu muncullah berbagai segmen internal dalam ideologi komunisme yakni para penganut komunis teori dan penganut komunis revolusioner. Masing-masing dari penganut komunis ini memiliki cara pandang, teori dan metode perjuangan yang berbeda namun masih dalam satu lingkup komunisme. Perjuangan mereka adalah perjuangan untuk mewujudkan masyarakat utopia di dunia.

 

Sejarah Ideologi Komunisme

Ideologi komunis lahir di tangan dua guru besar sosialisme dunia, yakni Karl Marx dan Friedrich Engels. Buah pemikiran mereka tertuang di Manifesto Komunis atau Manifest der Kommunistischen Partei. Manifest der Kommunistischen Partei adalah salah satu traktat politik paling penting di dunia yang diterbitkan di London pada 21 Februari tahun 1848.

Di dalam Manifest der Kommunistischen Partei tercantum pemikiran kedua guru besar ini mengenai pergerakan kaum buruh serta kesejahteraan kaum buruh dan tani. Manuskrip asli dari Manifest der Kommunistischen Partei ditulis menggunakan bahasa Jerman, setelah diterbitkan dengan segera manuskrip ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Denmark dan bahasa lain termasuk juga bahasa Indonesia di dalamnya.

Tujuan awal penyusunan Manifest der Kommunistischen Partei adalah sebagai penggerak utama bagi Liga Komunis di dunia. Isi dari manuskrip ini adalah ajakan bagi kaum buruh dan tani untuk melakukan revolusi terhadap tatanan hidup kapitalis yang sedang berkembang di masyarakat. Ajakan ini termasuk ajakan untuk menghapus tatanan sosial di masyarakat yang dikuasai kaum borjuis. Karl Marx dan Friedrich Engels menuntut penghapusan perbedaan kelas dan negara serta penghapusan hak milik pribadi di dalam tatanan negara.

 

Lambang Komunisme

Lambang dari ideologi komunisme adalah simbol palu dan sabit menyilang yang berwarna kuning dengan latar belakang warna merah. Banyak orang, terutama orang Indonesia yang menganggap bahwa lambang ini adalah salah satu lambang yang paling menyeramkan dan berbahaya di dunia. Hal ini berkaitan dengan sejarah kelam pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada masa pemerintahan presiden Soeharto.

Asal mula lambang komunis ini adalah sesaat setelah meletusnya Revolusi Industri di Eropa. Simbol dari palu melambangkan kaum buruh dan simbol bergambar sabit melambangkan kaum tani. Penggambaran simbol palu dan sabit menyilang adalah lambang bersatunya para kaum buruh dan tani di dalam revolusi Bolshevik yang diadakan pada tahun 1917 di Rusia.

Kemudian pada tahun 1922, pihak komunis-sosialis yang biasa menggunakan lambang berupa bendera merah menggunakan simbol palu dan sabit ini untuk digambarkan dalam bendera mereka. Pada tahun tersebut bendera komunis diresmikan.

Dengan dipilihnya lambang ini, dapat diartikan bahwa partai komunis-sosialis menjunjung tinggi hak-hak yang dituntut oleh kaum buruh dan juga tani. Dari sini pihak partai komunis-sosialis berharap akan mendapatkan banyak dukungan dari kaum buruh dan tani yang notabene adalah kaum kelas bawah karena pada saat itu kaum kelas bawah adalah kaum yang mendominasi tatanan hidup masyarakat.

 

Tokoh-Tokoh Komunisme Terkenal di Dunia

1. Vladimir Lenin (Uni Soviet, Rusia)

Tokoh komunisme terkenal yang pertama adalah Vladimir Lenin. Ia lahir di Simbirsk 22 April 1870 dan meninggal pada 21 Januari 1924. Ia adalah seorang komunis revolusioner dari Rusia yang memimpin partai Bolshevik serta menjabat sebagai kepala negara pertama bagi Uni Soviet. Ia menciptakan pahamnya sendiri terhadap komunisme dan disebut sebagai paham Leninisme oleh para pengikutnya.

Ia lebih memilih untuk menggunakan nama samarannya Vladimir Lenin daripada nama aslinya Vladimir Ilyich Ulyanov. Nama Lenin ia dapatkan dari nama sungai Lena yang berada di Siberia. Ia mulai mengenal karya dari Karl Marx sejak ia menjadi pengacara di St Petersburg. Karena karya Karl Marx terlarang di Rusia, ia akhirnya dipenjara selama setahun.

Di tahun 1900 ia berkeliling Eropa untuk memperdalam paham Marxismenya. Di bulan Oktober 1917 ia menggerakan Revolusi Oktober hingga kekaisaran Tsar Nicolas Romanov II pun digulingkan.

2. Mao Zedong (Republik Rakyat China)

Tokoh berikutnya berasal dari China, ia adalah Mao Zedong. Ia adalah seorang filsuf sekaligus pendiri negara Republik Rakyat China atau RRC. Di tahun 1911 Mao terlibat di dalam Revolusi Xinhai yang tak lain adalah revolusi untuk melawan Dinasti Qing yang pada akhirnya mengakibatkan runtuhnya kekaisaran di China yang telah berkuasa selama kurang lebih 2000 tahun.

Ia berjasa besar dalam perang terhadap Tentara Dai Nippon atau Jepang yang menduduki banyak wilayah China. Saat perang dunia II berakhir, Mao memimpin tentara merah dalam perang saudara melawan kaum nasionalis. Pada tahun 1949 perang saudara berhasil dimenangkan oleh tentara Merah dan Mao Zedong memproklamasikan kemerdekaan RRC pada 1 Oktober 1949.

3. Fidel Castro (Republik Kuba)

Fidel Castro adalah tokoh komunis terkenal yang berikutnya. Ia memimpin Kuba sejak tahun 1976 hingga tahun 2008. Ia meraih gelar doktor hukumnya di tahun 1950 dan 5 tahun setelahnya ia memimpin pemberontakan terhadap diktator Batista. Peristiwa ini dikenal sebagai Gerakan 26 Juli. Kemudian ia lari ke Meksiko, disana ia bertemu dengan seorang pejuang revolusioner, Che Guevara.

Setelah itu bersama dengan 81 orang lainnya, ia kembali ke Kuba untuk melakukan perang gerilya selama 25 bulan terhadap pemerintahan. Akhirnya ia berhasil menggulingkan pemerintahan dan menjadi presiden Republik Kuba.

 

Demikianlah informasi mengenai pengertian dari ideologi komunisme, lambang komunisme dan para tokoh komunisme terkenal dunia. Semoga informasi di atas bermanfaat!

loading...

Leave a Reply