Pengertian Shalat Berjamaah – Apa Itu Shalat Berjamaah?

Shalat BerjamaahShalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan oleh beberapa orang yang terdiri dari “Imam” dan “Makmum”. Imam adalah orang yang memimpin shalat berjamaah. Sedangkan Makmum adalah orang yang berdiri dibelakang imam sebagai jamaah. Orang yang sah menjadi imam haruslah laki-laki kepada orang laki-laki, wanita makmum kepada laki-laki, wanita makmum kepada wanita, banci makmum kepada laki-laki, wanita makmum kepada banci.

“Makmum” merupakan beberapa orang yang mengikuti segala gerak-gerik imamnya dalam rangkaian sholat. Sholat berjamaah bila dikerjakan mendapatkan pahala 27 derajat dari pada shalat sendiri. Apabila kita datang terlambat dalam shalat berjamaah, imam masih atau sedang membaca surat. Kita langsung saja Takbiratul Ihram dan membaca Al Fatihah sedapat mungkin. Tetapi jika kita sempat ikut sesudah rukuk atau sujud atau duduk diantara dua sujud atau Tasyahud awal, tidak terhitung dalam satu rakaat. Maka setelah imam memberi salam. Kita lanjut menambah kekurang rakaatnya.

Pernahkah kalian perhatikan atau mendengarkan imam salah dalam bacaan? tentunya pernah kan! Apabila imam salah atau Lupa, maka makmum bisa menegurnya dengan isyarat. Dan bila salah pada bacaan, maka makmum bisa melanjutkan bacaan tersebut.

Jadi shalat jamaah adalah shalat yang dilakukan oleh beberapa orang yang terdiri dari imam dan makmum. Sholat berjamaah pahalanya 27 derajat lebih tinggi. Jika kita terlambat dalam shalat berjamaah kita langsung saja Takbiratul Ihram dan membaca Al Fatihah. Kemudian mengikuti imam sampai selesai sholat.

Tidak semua imam selalu benar dalam membaca bacaan sholat, terkadang juga lupa. Untuk itu kita sebagai makmum bisa menegurnya. Jika laki-laki menegurnya dengan cara mengucapkan Subhanallah dan jika perempuan tegurlah imam dengan cara menepuk tangan sebanyak 3 kali.

loading...

Leave a Reply