Menakjubkan! Peristiwa Tentara Bergajah di Kota Mekkah

Peristiwa tentara bergajah adalah suatu peristiwa yang penting untuk kita ketahui. Kota Mekkah merupakan tempat yang suci, hal ini menyebabkan orang-orang ramai berkunjung terutama pengunjung para peziarah setiap tahun. Dengan menjadi rumah yang suci dan dikunjungi oleh banyak orang, menimbulkan kecemburuan daerah-derah lain. Oleh karena itu, banyak diantara mereka membangun tempat-tempat ibadah sendiri dengan maksud untuk mengalihkan perhatian orang dari Mekkah dan rumah sucinya.

Rumah suci di kota Mekkah memiliki Kakbah yang terletak di jantung kota Mekkah. Dengan keindahan yang dimilikinya tidak dapat mempengaruhi masyarakat untuk berpaling dari tempat suci ini. Meskipun telah banyak tempat ibadah yang didirikan dengan penuh perhiasan megah sekalipun tidak dapat menandinginya.

Peristiwa Tentara Bergajah

via www.history.com

Hal tersebut menimbulkan rasa  kekecewaan Abrahah yang penuh dengan rasa kecemburuan. Abrahah salah satu adalah seorang penguasa di Yaman. Ia berencana akan menyerang dan menghancurkan Kakbah dengan mengirimkan pasukan dengan jumlah yang sangat besar. Penyerangan tersebut dipimpin langsung oleh beliau sendiri diatas seeokor gajah. Dengan adanya berita tersebut, membuat para kaum Quraisy khawatir dan merasa ketakutan. Karena mereka dalam jumlah yang besar sedangkan kaum Quraisy, jika melawannya pasti akan menderiita kekalahan karena perbandingan jumlah pasukan yang sangat jauh.

Akhirnya kaum Quraisy mengutus Abdul Muttalib pemimpin suku Quraisy untuk meminta maksud penyerangan yang dilakukan oleh Abrahah. Ternyata kedatangan mereka hanya ingin menghancurkan rumah suci kakbah. Namun Abdul Muttalib tidak menghentikan penyerangan mereka. Karena beliau berpikir Kakbah adalah rumah Allah. Maka Allah sendiri akan melindungi dan menjaga Kakbah tersebut dari peperangan. Kemudian badul Muttalib memberi nasihat kepada kaum Quraisy agar menjauhi tempat itu dan pergi ke lereng-lereng bukit agar terhindar dari pasukan Abrahah.

Sejarah Tentara Bergajah

via www.medium.com

Akkhirnya penyeranganpun dilakukan yang dipimpin oleh Abrahah sendiri dengan menaiki seeokor gajah besar. Setelah mereka mendekati Kakbah tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Suara itu berasal dari burung-burung yang menyambar pasukan Abrahah dan melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah. Peristiwa ini terbukti karena adanya ayat berikut : “Tidaklah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? Bukanlah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (Q.S. Surah Al-fil : 105).

Peristiwa ini dikenal dengan tahun gajah. Tidak lama kemudian di Kota Mekkah lahirlah seorang Nabi. Dialah Nabi Muhammad bin Abdullah cucu dari Abdul Muttalib.

Dengan demikian, jelas bahwa pemicu dari penyerangan yang dilakukan Abrahah karena banyak masyarakat yang beribadah dan berkunjung ke rumah suci Allah yaitu Kakbah di Kota Mekkah. Walaupun banyak tempat ibadah yang lebih indah dan megah terdiri dari rangkaian emas tapi tak menggoyahkan hati kaum Quraisy untuk berpindah tempat. Hal ini semakin membuat Abrahah marah dan kecewa, akhirnya Ia menyerang Kakbah dengan menaiki gajah besar beserta para pengikutnya. Penyerangan tersebut dibiarkan oleh Abdul Muttalib selaku pemimpin Quraisy. Ketika mereka mendekati Kakbah tiba-tiba terdengar suara bergemuruh dan keluar burung-burung dan melempari mereka dengan batu kecil sehingga Abrahah dan para pasukannya musnah. Dari sinilah dinamakan tahun Gajah.

loading...

Leave a Reply