Rumah Adat Palembang – Nama, Gambar, dan Penjelasannya

Rumah Adat PalembangKota Palembang dibatasi oleh beberapa sungai dan rawa yaitu bagian utara dibatasi oleh sungai Musi, di bagian barat dibatasi oleh sungai temanggungan, dan di bagian timur dibatasi oleh sungai kangkang, sedangkan di bagian selatan dibatasi oleh rawa-rawa.

Rumah di kota Palembang sebagian besar terbuat dari kayu-kayu lama.

Menurut informasi dari keturunan seorang leluhur yaitu Habib Abdurrahman bahwa rumah-rumah sama merupakan hadiah yang merupakan perwujudan kasih sayang kepada anak, cucu, dan cicit mereka.

Kota Palembang memiliki rumah adat yaitu Rumah Limas. Rumah ini terbuat dari kayu lama, kemudian diberi tiang kayu yang tinggi dan di antara tiang- tiang tersebut diberi dinding hingga membentuk sebuah ruangan dibagian kanan dan kirinya.

Sedangkan dibagian tengahnya memiliki ruang kosong yang tidak diberi dinding. Seolah-olah dua rumah yang dipisahkan oleh ruang kosong tersebut dilihat dari jauh seperti dua rumah.

Padahal rumah tersebut merupakan satu kesatuan. Dikatakan Rumah Limas karena bentuk atap pada rumah tersebut di bagian depannya berbentuk limas.

Ada juga Rumah Limas berbentuk tinggi atau sering disebut rumah panggung. Rumah ini terbuat dari kayu, yang tiangnya sangat tinggi dan di beri sekat papan kayu hingga terbentuk sebuah ruangan.

Bagian depannya atau teras terbuka, bagian tengah ruang tamu dan bagian belakang terdiri dari teras terbuka dapur dan ruang makan yang terbuka pula. Atap rumah tinggi ini berupa atap limas.

Kemudian juga ada yang rumah yang bergaya yaitu rumah Indies. Di rumah ini memiliki ruang terbuka bagian belakangnya, bagian depan berupa balkon sebagai ruang tamu.

Rumah ini biasanya disebut oleh masyarakat sebagai rumah kaca, rumah kembar darat, rumah kembar laut, dan rumah batu.

***

Dengan demikian rumah adat Palembang adalah Rumah Limas yang memiliki tiang-tiang tinggi dan tengah tengahnya terdapat ruang kosong tanpa dinding.

Jika dilihat dari kejauhan seperti dua rumah. Akan tetapi rumah tersebut merupakan satu kesatuan. Dikatakan Rumah Limas karena atap bagian depannya berbentuk limas.

Sampai sekarang rumah-rumah Palembang yang di miliki tiang-tiang tinggi terbuat dari kayu masih ada dan layak di huni.

loading...

Leave a Reply