Kisah Sejarah Biografi Tokoh Pahlawan Jendral Soedirman

Jendral Soedirman termasuk salah satu tokoh pahlawan Indonesia yang turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Beliau merupakan Panglima Besar Tentara Indonesia. Soedirman dilahirkan di Bodas, Karangjati, kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada 24 Januari 1916. Ia akrab dipanggil Pak Dirman.

Mantan Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia ini, dikenal dengan semangat kharismatis dan beribawa. Ia merupakan figur populis dengan seribu kebijakan.

Biografi Jendral SoedirmanPada masa Jepang menyerbu Indonesia dan melakukan militeralisasi terhadap para pemuda. Soedirman masuk dalam barisan tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Selain itu Ia mendirikan koperasi agar rakyat terhindar dari kelaparan. Ia juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Keresidenan Banyumas.

Selesai pendidikan, ia diangkat sebagai Komandan Batalyon di Kroya. Ia hampir dibunuh karena memprotes atasan Jepang yang bertindak sewenang-wenang terhadap anak buahnya. Namun ia selamat karena diumumkannya Proklamasi 1945. Soedirman segera aktif dalam kancah perjuangan kemerdekaan dan berhasil merebut senjata tentara Jepang di Banyumas.

Setelah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia diangkat sebagai Panglima Divisi V Banyumas mengalahkan 19 calon lainnya, ia pun dengan pangkat Kolenel. Sejak saat itu, harus bergulat mempersatukan berbagai laskar di Indonesia sambil membangun citra Republik Indonesia.

Kesatuan laskar-laskar mulai terbentuk dan embrio tentara Indonesia modern mulai bersemi. Tetapi Soedirman sendiri tidak dapat menikmati hasil karyanya. Pada tahun 1950 Pak Dirman wafat dan meninggalkan jasa yang tak terkira. Jenazahnya di arak menuju Taman Makam Pahlawan Kusumanegaran, Semaki, Yogyakarta.

Sejarah Jendral SoedirmanPada saat penguburan tersebut, sebelum tembakan penghormatan kebesaran dilakukan, Mohammad Hatta Wakil Presiden Indonesia menyampaikan pidato bahwa Soedirman adalah orang yang keras hati, cinta tanah air, seseorang yang sukar dikemudikan, tetapi ia taat pada putusan pemerintah. Ia seorang Jendral Besar.

Dalam mengenang jasanya beliau diberi gelar Pahlawan pada tanggal 10 Desember. Selain itu dibangun patung megah dirinya yang berdiri tegak di depan Markas Besar Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Jendral Soedirman adalah Panglima Besar Tentara Indonesia. Ia sebagai pembela Tanah air dalam menyerbu pasukan Jepang. Banyak sekali usaha yang dilakukannya demi Kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya ia pun tidak merasakan hasil karyanya dikarenakan ia telah berpulang kerahmatullah pada tahun 1950. Namun demikian atas jasanya ia diangkat sebagai pahlawan.

loading...

Leave a Reply