Tahukah Kamu, Siapa James Watt Itu?

Haii teman-teman. Kali ini kakak akan membahas tentang seorang penemu. Siapakah dia?

Yupp, betul banget sesuai dengan judul diatas yaitu James Watt. Sudah pernahkah kamu mendengar nama ini? Nama ini sudah tidak asing lagi lhoo ditelinga dan pikiran kita. Ia adalah salah satu orang penemu yang mampu mengubah dunia. Wahhh, hebat banget bukan?

Untuk lebih jelasnya, ayo kita lebih mengenal lagi siapa sebenernya James Watt ini? Lalu apa sih hasil penemuannya? Apakah penemuannya itu dapat bermanfaat untuk dunia? penasaran kan, hehehhe

Biografi Lengkap James Watt

Biografi James Watt

via www.thehindu.com

James Watt adalah seorang pelajar biasa. Ia belajar dirumahnya sendiri dengan bimbingan dari ibunya. James Watt lahir di Greenock Skothlandia pada tanggal 19 Januari 1736. Ayahnya seorang pengusaha pembuatan rumah dan kapal yang sukses. Setelah ia belajar dengan ibunya, ia masuk sekolah jurusan bahasa yang mempelajari berbagai jenis bahasa seperti bahasa Yunani, latin, dan mendalami pembelajaran tentang matematika. Selain itu ia juga belajar didunia ayahnya sehingga ia pun sudah memahami dan paham betul dengan peralatan-peralatan kapal.

Seiring dengan berjalannya waktu, James Watt akhirnya ingin menjadi seorang pembuat alat peraga matematika. Ia pun memutuskan untuk berangkatke London pada usia 19 tahun. Disana ia mencari seorang guru untuk mengajarkan dan melatihnya untuk membuat alat peraga tersebut. Setelah setahun ia mempelajarinya, James Watt pun ke tempat salah satu kerabat ibunya yang merupakan seorang guru di Universitas di Glasgow.

Di Galsgow, James Watt membuat banyak alat peraga matematika seperti membuat busur 90º, membuat timbangan, kompas dan lain sebagainya. Alat peraga tersebut dijual disebuah toko dilingkungan Universitas. Namun, usaha dagangnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Ia berpikir bahwa tidak memiliki bakat dalam berdagang.

Dari hal tersebut, akhirnya ia beralih haluan. Berkat mempelajari dan memahami alat-alat pembuatan kapal ayahnya,  ia mampu memperbaiki sebuah mesin yang dibuat oleh Newcomen. Perbaikan tersebut sangatlah membuahkan hasil, mesin yang tadinya tidak bisa digunakan menjadi mesin uap pertama yang bisa digunakan. Dari situlah Newcomen mengangkat James Watt sebagai seorang pencipta.

Setelah ia berhasil membuat mesin uap pertama didunia, ia makin kiat dalam menyempurnakan mesin yang telah diciptakannya. Akhirnya setelah mesin uap menjadi mesin ganda yang daya kerjanya empat kali lipat dari sebelumnya. Mesin ini sangat di butuhkan untuk sebuah Industri. Karena pada saat itu revolusi (perubahan) Industri sedang marak-maraknya. Dari situ ia pun dianggap sebagai tokoh kunci revolusi.

Lama kelamaan, James Watt membuat mesin uap tersebut dalam jumlah yang banyak. Ia pun meminta kerabatnya Matthew Boulton untuk menjual mesin uap tersebut. Sehingga mesin uap tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan dunia. Pabrik-pabrik pun dapat beroperasi dengan meningkat dan lancar.

***

Wahh, hebat banget bukan James Watt ini. Ia mampu berbahasa Latin dan Yunani, mampu membuat alat peraga matematika yang kita gunakan sampai saat ini. Bahkan ia mampu menciptakan sebuah mesin uap pertama didunia.

Dari ciptaannya tersebut ia diangkat sebagai seorang pencipta yang mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Sungguh luar biasa manfaatnya bagi kehidupan kita.

loading...

Leave a Reply