Kisah Sejarah Masa Khalifah Umar bin Khattab

Kisah Umar bin Khattab

Umar bin Khattab merupakan khalifah yang kedua setelah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Sebelum Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat, ia telah menunjuk Umar bin Khattab untuk menggantikan kedudukannya sebagai khalifah.

Umar bin Khattab adalah pembela Nabi SAW, yang lahir pada tahun 40 SH di kota Makkah. Dulunya Umar bin Khattab adalah musuh Nabi dan belum masuk Islam karena beranggapan dakwahnya dapat memecah belah kaum Qurays.

Maka Nabi SAW berdoa agar salah satu dari kaum Qurays diberi hidayah untuk masuk Islam. Akhirnya doa tersebut terkabul dan Umar bin Khattab yang termasuk kaum Qurays tersebut masuk Islam.

Umar bin Khattab memiliki sifat tegas dan berpendirian kuat. Dari sikap tersebut Nabi SAW memberinya gelar Al-Faruq yang artinya pemisah atau pembeda.

Beliau sangat mengutamakan kepentingan rakyat, ia juga merupakan pemimpin yang awal mula melakukan pembenahan dibidang pemerintahan seperti memilih pejabat yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan bidangnya.

Masa Khalifah Umar bin Khattab berlangsung selama 10 tahun. Pada masa khalifah beliau, telah mampu mencapai kekuasaan Islam dengan memperluas wilayah. Misalnya Afrika Utara, Armenia dan Eropa Timur.

Dengan luasnya daerah kekuasaan tersebut Umar bin Khattab membagi menjadi beberapa provinsi dan mendudukkan gubernur diprovinsi tersebut. Mampu menguasai kota-kota seperti Yarmuk, Damascus, Ajnadain, menguasai kota Baitul Maqdis.

Selain itu beliau juga dapat menata Adminitrasi dan Keuangan Pemerintah, menetapkan kalender Islam dalam tahun Hijriyah serta menjadikan masjid-masjid lebih indah dan megah.

***

Jadi, Umar bin Khattab adalah peletak dasar pemerintahan Islam yang demokratis. Ia sangat mementingkan kepentingan rakyat, mendukung segala pembangunan disetiap bidang

Dan dengan kecerdasannya, ia dapat meletakkan dasar-dasar sistem pemerintahan yang Islami.

Sehingga dengan sikap tegas, cerdas nya tersebut dapat memperluas wilayah-wilayah Islam dan dapat menguasai kota-kota, dapat menetapkan kalender Islam serta menjadikan meajid-mesjid lebih indah.

loading...

One Response

  1. Muhammad Ridwan

Leave a Reply