5 Tips Bikin Acara Nikah Murah Meriah

Acara pernikahan adalah suatu momen spesial di hidup seseorang. Kebanyakan orang berharap hanya menikah sekali (walaupun banyak yang lebih dari sekali, haha), dan ingin membuat acara pernikahan mereka sebaik mungkin.

Acara resepsi pernikahan harus dapat memberikan yang terbaik bagi para tamu, mulai dari tempat, makanan, hingga souvenir. Bahkan hal kecil seperti kartu undangan juga mendapatkan perhatian khusus. Namun karena ingin semuanya yang terbaik, seringkali hal ini justru akan membuat biaya anggaran resepsi pernikahan menjadi membengkak.

Berikut adalah tips-tips untuk menyelenggarakan acara pernikahan yang murah meriah namun tetap unik dan berkesan. 

5 Konsep Kreatif Menyelenggarakan Acara Resepsi Pernikahan Murah Meriah

Tips Bikin Acara Nikah Murah Meriah

  1. Gunakan Undangan Online

Undangan adalah salah satu hal yang sangat vital dan diperlukan dalam menggelar acara pernikahan. Kebanyakan orang mengundang para tamu pesta dengan cara konvensional, yaitu mengirimkan surat ke masing-masing tamu. Tetapi di era teknologi, hal tersebut sudah mulai ketinggalan jaman.

Anda dapat mencoba menggunakan Facebook, Line, Whatsapp, atau Blackberry untuk menggundang setiap tamu pesta. Cukup membuat sebuah chat group pada aplikasi atau situs jejaring sosial tersebut, dan undang para hadirin untuk bergabung ke dalam grup.

Selain lebih mudah dan cepat, biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih sedikit dibandingkan cara konvensional.

  1. Pilih Konsep Outdoor

Anda dapat memangkas biaya pesta pernikahan dengan cara menggelar pesta secara outdoor. Harga sewa gedung sekarang ini sangatlah tinggi, bahkan untuk ukuran gedung dengan ruang yang tidak terlalu besar saja diperlukan biaya hingga puluhan juta Rupiah. Setelah menyewa gedung, Anda masih harus mendekorasi gedung, menyiapkan panggung, letak-letak meja dan sebagainya. Jadinya biayanya sudah pasti sangat tinggi.

Walaupun di Indonesia konsep ini tidak terlalu populer dan jarang dilakukan, tetapi pesta pernikahan outdoor sangatlah populer di negara barat. Selain unik dan berkesan, konsep pesta pernikahan outdoor relatif lebih murah dibandingkan dengan konsep pesta pernikahan indoor. Selain itu suasana malam juga akan membuat acara pernikahan menjadi lebih romantis.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara membuat agar tamu-tamu tidak kepanasan. Kebanyakan orang mengakalinya dengan memasang beberapa AC portable dan beberapa kipas angin berukuran besar untuk membuat suasana menjadi sejuk dan syahdu.

  1. Sewa Pakaian Pengantin

Kebanyakan orang-orang rela merogeh kocek mereka hingga belasan juta Rupiah untuk membeli baju nikah. Mereka berpikir bahwa beli lebih baik dari sewa karena baju tersebut dapat disimpan sebagai kenang-kenangan.

Tetapi taukah Anda bahwa kebanyakan dari mereka, setelah acara pernikahan, banyak dari mereka yang berusaha menjual kembali baju tersebut? Ketika ingin menjual kembali, tentu sangat susah karena ukuran baju sudah dijahit dan disesuaikan untuk pengantin.

Jadinya pikirkan baik-baik dulu sebelum membeli pakaian pengantin, karena harga sewanya relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli baju pengantin.

  1. Pangkas Biaya Katering

Biaya katering biasanya menjadi salah satu hal yang memakan biaya terbesar dalam sebuah pesta pernikahan. Terlebih jika makanan dalam pesta anda, anda sediakan secara prasmanan maka biaya akan sangat banyak dan menguras kantong. Jika anda ingin menghemat anda bisa menggunakan sistem satu makanan utama yang ditempatkan pada piring atau kotak makanan. Dan yang disediakan secara prasmanan adalah makanan pendamping seperti buah, snack dan minuman.

Atau jika anda masih tetap ingin menggunakan sistem prasmanan anda bisa bekerjasama dengan teman atau saudara anda yang pandai memasak untuk membantu mempersiapkan makanan. Budget anda akan lebih hemat jika anda meminta pada orang-orang yang telah anda kenal baik.

Ada lagi cara untuk menghemat biaya katering yaitu dengan mengundang gerobak-gerobak penjual makanan di pinggir jalan sebagai penyedia katering anda. Seperti penjual bakso langganan anda, penjual siomay langganan anda dan juga penjual cilok favorit anda. Anda bisa bernegosiasi dengan mereka untuk mendapatkan harga terbaik. Selain menghemat biaya, dengan adanya sistem ini pesta anda akan terasa lebih merakyat dan akrab.

  1. Sediakan Souvenir Yang Sederhana Namun Bermanfaat

Jaman sekarang ini belum lengkap sebuah resepsi pernikahan jika tanpa souvenir untuk para tamunya. Souvenir ini bisa berupa apa saja, biasanya berupa benda yang diberikan sebagai kenang-kenangan dan juga ucapan terimakasih karena telah menghadiri acara resepsi pernikahan.

Untuk menghemat biaya souvenir Anda dapat memilih sesuatu yang unik, memiliki manfaat jangka panjang dan juga memiliki kesan yang baik bagi para tamu. Anda tidak perlu memberikan souvenir yang terlalu mahal seperti jam tangan, mug mahal, dan lain sebagainya. Anda cukup mencari souvenir yang dapat bermanfaat bagi tamu anda dan dapat digunakan dalam jangka yang panjang.

Sebagai contoh yang sekarang ini sering dipakai sebagai souvenir adalah mug sederhana bertuliskan nama dan tanggal pernikahan anda dan juga bibit tanaman yang bisa anda tanam pada pot-pot kecil sebagai penghias rumah anda.

Khusus untuk souvenir ini, jangan anda cantumkan nama dan foto anda terlalu besar karena kebanyakan orang enggan untuk menyimpan atau menggunakan souvenir dengan nama atau foto anda yang terlalu besar.

***

Pernikahan memang adalah sebuah momen spesial yang terjadi hanya sekali seumur hidup, tetapi menikah tidak harus mahal. Gunakan konsep pernikahan murah meriah agar dapat membuat acara pernikahan yang berkesan dan uang tidak terbuang sia-sia. Jangan lupa untuk selalu cermat dalam mengatur biaya pernikahan.

Selamat menikah!

Demikianlah artikel 5 Tips Bikin Acara Nikah Murah Meriah; semoga dapat membantu Anda!

loading...

Leave a Reply